KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada
Allah SWT karena atas rahmat dan keridoannya, kami bisa membuat suatu gagasan
usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha,
investor, dan umumnya masyarakat.
Fajar Sidik FOOD ialah nama yang
kami buat untuk kegiatan usaha ini, yang begerak di bidang produksi kue (
gorengan).
Kami
sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran,
dan masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini.
Penyusun
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar......................................................................................
1
Bab 1 Profil
Perusahaan
A. Deskripisi
Umum Perusahaan............................................... 4
B. Riwayat
Perusahaan.............................................................. 4
C. Visi dan Misi
Perusahaan...................................................... 4
D. Jenis Usaha yang
Dikelola..................................................... 5
E. Jenis Usaha yang
Direncanakan............................................ 5
Bab II Kegiatan
Pasar dan Pemasaran
A. Lingkungan
Usaha................................................................ 6
B. Kondisi
Pasar........................................................................ 6
C. Rencana
Pemasaran............................................................... 6
Bab III
Faktor Penghambat dan Pendukung
A. Faktor Penghambat
.............................................................. 7
B. Faktor
Pendukung................................................................. 7
C. Analisis
SWOT......................................................................
8
Bab IV Aspek
Produksi
A. Alokasi Usaha ........................................................................
10
B. Fasilitas dan Peralatan
Produksi............................................. 10
C. Bahan
Baku............................................................................
11
D. Proses Produksi......................................................................
12
E. Proses
Pengerjaan....................................................................
13
Bab V Aspek
Keuangan
A. Drap Anggaran bisnis.............................................................
14
Bab VI Penutup
A. Antisipasi Masa Depan.. 17
B. Kesimpulan.................... 17
Lampiran
A. Struktur Organisasi
Perusahaan.............................................. 18
BAB
I
PROFIL
PERUSAHAAN
A. Deskripsi Umum Perusahaan
Fajar Sidik FOOD
merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan
kue (gorengan).
B. Riwayat Perusahaan
Fajar Sidik FOOD
dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan .
C. Visi dan Misi Perusahaan
VISI
Dengan berlandaskan iman dan
taqwa Fajar Sidik FOOD menjadi salah satu perusahaan yang paling maju,
produktif, dan berkompetitif di Indonesia.
MISI
1. Menciptakan tenaga
kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki imtaq dan iptek yang kuat.
2. Memuaskan konsumen.
3. Menjadi perusahaan
yang terdepan di bidangnya.
4. Memperluas lapangan kerja untuk
kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan
masyarakat Indonesia pada umumnya.
D. Jenis Usaha yang Dikelola
Fajar Sidik FOOD
bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan kue (gorengan). Kami memilih usaha
di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan
skill yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk
megembangkan usaha ini.
E. Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami sepakat untuk
membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan kue (gorengan). Dengan
jenis kuenya yaitu Risol, Molen, Dadar Gulung, dan Pastel.
BAB
II
KEGIATAN
PASAR DAN PEMASARAN
A. Lingkungan Usaha
Di Jakarta tepatnya
di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) jenis usaha di bidang makanan khususnya
kue memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena makanan adalah kebutuhan
primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah wisatawan dan penduduk
TMII dan sekitarnya. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha
pembuatan kue (gorengan), karena ditunjang dari banyaknya peluang
dalam mengembagkan jenis usaha ini.
B. Kondisi Pasar
Jika melihat kompetitor-kompetitor
yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami
menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada.
Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang lebih besar, harga yang
ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin
produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.
C. Rencana Pemasaran
Dengan usaha kue
(risol, pastel, molen, dan darlung) yang sudah memiliki pelanggan tetap, maka
kami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang
mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan
usaha ini.
BAB
III
FAKTOR
PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
Setiap usaha yang
dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya
usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat
mendukung dalam menjalankan usaha ini.
A. Faktor penghambat tersebut diantaranya :
1. Banyaknya usaha yang sama
2. Harga bahan baku yang
tidak stabil.
Tapi kami sudah
merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya
yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan
dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan
baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada
petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.
B. Faktor pendukung
usaha ini diantaranya :
1. Kondisi tempat, dan
peralatan yang memadai
2. Higienis dan harga
yang relatif terjangkau
3. Merupakan salah
satu bagian produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
C. ANALISIS SWOT
a. Strength (kekuatan)
i. Memiliki SDM dengan
etos kerja yang baik.
ii. Memiliki banyak
relasi pemasaran, seperti warung.
iii. Harga produk ekonomis dan higienis
iv. Inovasi rasa yang
berbeda dengan produk lainya.
b. Weakness (kelemahan)
i. Kurangnya modal
untuk menjalankan bisnis ini
ii. Harga bahan baku
yang tidak stabil
c. Opportunity (peluang/kesempatan)
i. Mitra kerja yang banyak
ii. Budaya masyarakat yang konsumtif
d. Threat ( hambatan)
i. Banyaknya
kompetitor yang bergerak dibidang yang sama
BAB
IV
ASPEK
PRODUKSI
A. Alokasi Usaha
Fajar Sidik FOOD
berlokasi di jalan manunggal vxii no 50.
Kami memilih lokasi
tersebut, karena tempatnya dekat dengan daerah pemasaran. warung-warung yang
dekat dengan lokasi usaha tersebut.
B. Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan
usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu
sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
2 buah
|
Rp. 800.000,-
|
Gilingan
|
1 buah
|
Rp. 400.000,-
|
Katel
|
1 buah
|
Rp. 40.000,-
|
Penyaring
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Susuk
|
1 buah
|
Rp. 10.000,-
|
Box Plastik
|
20 buah
|
Rp. 300.000,-
|
Tabung Gas
|
2 buah
|
Rp. 200.000,-
|
Pengocok
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Plastik
|
-
|
Rp. 50.000,-
|
Baskom
|
4 buah
|
Rp. 80.000,-
|
Teplon
|
1 buah
|
Rp. 70.000,-
|
Nampan
|
1 buah
|
Rp. 20.000,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp. 2.100.000,-
|
C. Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan
adalah:
I. PASTEL
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
5 Kg
|
Rp. 25.000,-
|
Telur
|
3 Biji
|
Rp. 3.000,-
|
Mentega
|
¼ Kg
|
Rp. 7.500,-
|
Bumbu
|
-
|
Rp. 5.000,-
|
Minyak Goreng
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Bihun
|
1 Kg
|
Rp. 9.200,-
|
Wortel
|
5 Kg
|
Rp. 22.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 96.450,-
|
II. RISOL
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
8 Kg
|
Rp. 40.000,-
|
Telur + Tepung Roti
|
-
|
Rp. 9.000,-
|
Wortel
|
10 Kg
|
Rp. 45.000,-
|
Kentang
|
1 Kg
|
Rp. 3.000,-
|
Bumbu
|
-
|
Rp.5.000,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 126.250,-
|
III. MOLEN
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Pisang
|
10 Kg
|
Rp. 30.000,-
|
Terigu
|
3 Kg
|
Rp. 15.000,-
|
Gula Tepung
|
½ Kg
|
Rp. 5.000,-
|
Mentega
|
¼ Kg
|
Rp. 7.500,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 81.750,-
|
IV. DADAR
GULUNG
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
3 Kg
|
Rp. 15.000,-
|
Gula
|
¼ Kg
|
Rp. 2.500,-
|
Pewarna + Pengharum
|
-
|
Rp. 3.000,-
|
Kelapa + Gula Aren
|
-
|
Rp. 15.000,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 59.750,-
|
JENIS MAKANAN
|
BIAYA
|
I. PASTEL
|
Rp. 96.450,-
|
II. RISOL
|
Rp. 126.250,-
|
III. MOLEN
|
Rp. 81.750,-
|
IV. DADAR
GULUNG
|
Rp. 59.750,-
|
TOTAL BIAYA
|
Rp. 364.200,-
|
D. Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini
diantaranya :
a) Menyiapkan bahan yang akan digunakan
b) Mempersiapkan peralatan yang akan
digunakan
c) Memulai proses pengerjaan
d) Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih
baik (finishing).
E. Proses Pengerjaan
Dalam melakukan pekerjaan
dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari
: Senin –
sabtu
Waktu
: 03.00 – 06.00 WIB
15.00 – 17.00 WIB
BAB V
ASPEK KEUANGAN
A. Rencana produksi
1. Jenis produk
= Kue (risol, pastel, dadar gulung, molen)
2. Jumlah produksi
= 1225 biji/hari = 31850 biji/bulan
B. Biaya tetap
1. Sewa
rumah
= Rp.700.000 / bulan
2. Peralatan
= Rp.2.100.000
+
Jumlah
=
Rp.2.800.000
C. Biaya variabel
1. Bahan
baku
= Rp.364.200/ hari
= Rp.9.469.200/ bulan
2. Biaya overhead :
-
Listrik
=
Rp.100.000/bulan
- Air minum
= Rp.60.000/bulan
- P3K
= Rp.40.000/bulan
-
lain-lain
= Rp.100.000/bulan
+
Jumlah
= Rp.9.769.200
*1 bulan kerja dihitung 26 hari
D. Total
Cost
= Rp.9.769.200
E. Rencana
pemasaran bulan pertama
- Harga
pokok
= total cost / jumlah produksi
= Rp.9.769.200/31850
= Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah
- Harga jual :
=
Rp.500
BEP unit
untuk bulan pertama
500 x = 310x+2.800.000+0
(500-310) x = 2.800.000
x = 2.800.000/190
x = 14737
Maka, 14737/1225=12 hari
26 hari-12 hari= 14 hari
Jadi, untuk
mengembalikan semua biaya dengan keuntungan 0 rupiah kue harus terjual 14737
buah sedangkan untuk menjual kue sebanyak 14737 buah itu diperlukan waktu
sebayak 12 hari. Masa produksi dalam sebulan adalah 26 hari, jadi keuntungan
yang diperoleh dibulan pertama ini adalah hasil dari penjualan dalam 14 hari
tersebut.
Revenue 1= 14 hari
x1225x 500= Rp.8.757.000 kemudian, dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000
x 7 orang = Rp.6.300.000. maka,8.757.000-6.300.000= 2.457.000, jadi keuntungan
bersih bulan pertama adalah Rp.2.457.000. itu jika seandainya semua biaya yang
dikeluarkan ingin kembali dalam produksi bulan pertama.
F. Rencana pemasaran bulan kedua
- Harga
pokok
= total cost / jumlah produksi
= Rp. Rp.9.769.200/31850
= Rp.306.7
dibulatkan Rp.310 /buah
- Harga
jual
= Rp.500
BEP unit untuk bulan
selanjutnya :
500 x = 310x+700.000+0
(500-310) x
= 700.000
x = 700.000/190
x = 3684.2 dibulatkan 3685
Maka, 3685/1225=3.5 hari
26 hari- 3.5hari = 22.5 hari
Revenue 2= 22.5 hari x1225x 500=
Rp.13.781.250 dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang =
Rp.6.300.000. maka, 13.781.250 -6.300.000= 7.481.250, jadi keuntungan bersih
bulan kedua dan selanjutnya adalah Rp. 7.481.250.
BAB VI
PENUTUP
A. ANTISIPASI MASA DEPAN
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar
para peminat dan konsumen puas atas kue yang kami buat. Karena apabila kualitas
kue kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan
terancam bangkrut.
B. KESIMPULAN
Menurut kami usaha
ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa
usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang
mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha
ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk
terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
LAMPIRAN
A. Struktur Organisasi
Perusahaan
Struktur Organisasi
Fajar Sidik
Pimpinan
Perusahaan
: Firman Fathulrohman
Bendahara
: Yuda Sukmana
Pemasaran
: Ai Fitri Silvia
Fhatarani H. A.
Produksi
: Riva Nihayatul Ma’rifah
Yuda M. Hamdani
Radi Suhardiman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar