Senin, 29 April 2013

Ingin Langsing? Perbanyak Tidur!

Tidur. Setiap orang pasti menyukai aktivitas yang satu ini. Umumnya, manusia akan menghabiskan sepertiga umurnya untuk tidur. Tidur merupakan aktivitas yang memungkinkan tubuh melakukan proses pemulihan setelah beraktivitas seharian.
Ingin-Langsing-Perbanyak-Tidur
Tak hanya itu, tidur cukup juga memiliki manfaat lain yang didambakan orang-orang dengan kelebihan berat badan, yaitu membantu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa?

Kurang Tidur penyebab Naiknya Berat Badan

Sebuah studi yang dilakukan University of Chicago and University of Wisconsin menjelaskan bahwa orang yang kurang tidur lebih berisiko mengalami kelebihan berat badan, bahkan saat orang tersebut melakukan diet sekali pun.
Hubungan antara tidur dan berat badan telah diketahui sejak beberapa tahun silam. Pada penelitian terdahulu disebutkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur cukup di malam hari akan cenderung ngemil makanan tak sehat di pagi hari.
Namun, dalam penelitian terkini, para peneliti mengungkap bahwa kurang tidur lebih mempengaruhi tingkat Basal Metabolic Rate (BMR) seseorang. Basal Metabolic Rate merupakan kebutuhan kalori minimal yang dibutuhkan untuk tetap hidup pada saat kondisi tubuh sedang beristirahat dan tidak beraktivitas. Kurang tidur dapat mengakibatkan gangguan metabolisme tubuh, yakni menurunnya proses metabolisme yang dapat menghalangi proses pembakaran lemak.
Peneliti menguji 10 orang overweight paruh baya yang rata-rata memiliki indeks massa tubuh 27.4, nilai yang berada di antara overweight dan obesitas. Pada dua kesempatan terpisah, 10 orang tersebut diharuskan untuk diet rendah kalori dan tidur selama 5 jam dan 8 jam di malam hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan tidur cukup (8 jam di malam hari) mengalami penurunan lemak yang lebih besar saat menjalankan diet rendah kalori dariapda mereka yang kurang tidur (5 jam) di malam hari.
Lebih dari 53 persen penurunan berat badan berasal dari menurunnya kadar lemak tubuh pada mereka yang mendapatkan tidur cukup di malam hari, dan hanya 25 persen penurunan berat badan dari menurunnya lemak tubuh pada mereka yang kurang tidur.
Peneliti menganggap bahwa hal ini berhubungan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin, hormon yang dapat meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh, terutama pada mereka yang kurang tidur.
Hormon ghrelin juga dikenal sebagai hormon pemicu rasa lapar dan mendorong seseorang untuk makan melebihi porsi normal. Akibatnya, diet yang dijalankan pun akan terasa berat dan menyiksa. Bahkan, bisa membuat Anda berhenti diet karenanya.
Jadi jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, juga kurangi konsumsi makanan ber indeks glikemik tinggi dan imbangi pula dengan rutinitas olahraga yang memadai.

Tidur dalam Gelap Efektif Turunkan Berat Badan

Peneliti juga menemukan bahwa tidur dalam keadaan lampu menyala juga dapat menyebabkan berat badan bertambah. Kesimpulan ini didapat setelah peneliti mengetahui bahwa lebih dari 60 persen pelaku diet tidak bisa mendapatkan tidur berkualitas karena lampu kamar yang terus menyala. Cahaya lampu dapat menghalangi tubuh memproduksi zat melatonin.
Selain membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, melatonin merupakan antioksidan murni yang melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas berbahaya. Melatonin memiliki kelebihan untuk menyebar lebih mudah ke seluruh sel-sel syaraf tubuh, sehingga membantu memperbaiki sel-sel syaraf tubuh lebih cepat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur berkualitas sebaiknya matikan lampu kamar saat Anda tidur. Selain hemat energi, Anda pun bisa turun berat badan lebih cepat.
Peneliti juga mengingatkan Anda yang gemar begadang tiap malam. Terlalu sering begadang baik menonton televisi atau bermain komputer bisa meningkatkan risiko obesitas. Seiring tubuh tetap terjaga dan aktif semalaman, maka otak akan merseponnya dengan memberikan sinyal lapar dan rasa ingin ngemil yang bisa mengakibatkan berat badan semakin bertambah.
Para peneliti menyarankan, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya tidur lebih awal dan kurangi kebiasaan menonton televisi dan bermain komputer menjelang tidur. Dan jangan lupa untuk mematikan lampu kamar, agar Anda mendapatkan tidur berkualitas dan sukses menurunkan berat badan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar