Senin, 29 April 2013

Ini Dia, Kota Termacet di Dunia!

RumahCom – TomTom, sebuah lembaga spesialisasi navigasi GPS (global positioning system) yang berbasis di Belanda menyebutkan, kemacetan di Moskow, Rusia, menduduki peringkat pertama di antara 161 kota besar lain di dunia. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan, sepanjang 2012 para pengendara di Moskow menghabiskan waktu selama 127 jam di jalanan.
Menurut daftar Congestion Index 2012 yang baru-baru ini dirilis TomTom, Rusia menempati posisi pertama dalam daftar tersebut. Seperti dikutip dari intoday.in, waktu yang dibutuhkan pengendara di Ibukota Rusia ini saat menjelang jam masuk dan keluar kantor 66% lebih lama dari waktu-waktu biasa. TomTom merinci, tingkat kemacetan tercatat 106% di pagi hari dan 138% di sore hari.
Akibat kemacetan, Perdana Menteri Dmitry Medvedev baru-baru ini beralih menggunakan helikopter sebagai kendaraan dinasnya. Sementara Walikota Moskow, Sergei Sobyanin, melakukan beberapa hal untuk mengurai kemacetan, antara lain dengan memperbanyak lahan parkir serta mengembangkan sarana transportasi massal.
Mengikuti jejak Moskow, tercatat Istambul (Turki), Warsawa (Polandia), Marseilles (Perancis), Palermo (Italia), Los Angeles (Amerika Serikat), Sydney (Australia), Stuttgart (Jerman), Paris (Perancis), dan Roma (Italia) juga mengalami tingkat kemacetan yang parah.
Akan tetapi, TomTom hanya mensurvei kota-kota di negara Amerika Utara, Eropa, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Jika TomTom mensurvei kota-kota di kawasan Asia, mungkin daftar kota termacet di dunia ini dapat berubah.
Apakah Jakarta salah satunya?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar